Vaksinasi Bantu Lansia Hidup Sehat dan Bahagia

Jum'at, 22 Mei 2015 - 16:20 WIB
Vaksinasi Bantu Lansia Hidup Sehat dan Bahagia
Vaksinasi Bantu Lansia Hidup Sehat dan Bahagia
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Dirjen BUK) serta Satgas Imunisasi Dewasa dan Perhimpunam Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI) tengah mengupayakan meningkatkan derajat kesehatan lanjut usia (lansia) Indonesia.

Upaya tersebut dilakukan melalui 'Gerakan Vaksinasi Lansia Untuk Hidup Sehat dan Bahagia' yang akan digelar pada 31 Mei 2015 di Taman Menteng, Jakarta.

"Sehat di usia lanjut yang menjadi tujuan kita semua memerlukan berbagai upaya. Salah satu diantaranya adalah upaya pencegahan penyakit menular dengan vaksinasi," papar Ketua Satgas Imunisasi Dewasa, Prof. DR. dr. Samsuridjal Djauzi, SpPD, K-AI, FINASIM, FACP di Double Tree Hotel, Jakarta, Kamis 21 Mei 2015.

Melalui upaya ini, diharapkan lansia dapat meneruskan gaya hidup sehat. "Dewasa ini vaksinasi yang dianjurkan pada orang usia lanjut adalah influenza, pneumonia dan herpes zoster," ujar Samsuridjal.

Lansia akan mengalami kondisi immunosenescence yakni menurunya kekebalan tubuh pada seseorang. Hal ini dapat membuat respon imun tubuh terhadap pertahanan infeksi kuman dan virus menurun.

"Penting bagi orang tua untuk melakukan vaksinasi, dikarenakan pencegahan terhadap penyakit infeksi merupakan hal yang amat penting. Karena ketika seseorang yang berusia lanjut jatuh sakit terkena infeksi, maka penyakitnya akan lebih berat, fase penyembuhan lambat dan sulit pulih, bisa memperberat penyakit dan bisa tiba-tiba memburuk," ujar ketua PERGEMI, Prof. Dr. dr. Siti Setiati, SpPD-KGer, M.Epid, FINASIM.

Vaksinasi pada lansia tidak hanya berguna menurunkan angka penularan penyakit, namun juga dapat mencegah kematian. Infeksi pada lansia, sering terjadi dan penyakitnya lebih berat sehingga jika tidak dilaksanakan dengan baik dapat menimbulkan kematian.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6421 seconds (0.1#10.140)